Tips Memilih Jasa Ekspedisi Aman dan Murah

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Aman dan Murah

Dalam dunia logistik, ekspedisi adalah perusahaan / perseorangan yang menyediakan jasa dan layanan pengiriman surat, pengangkutan barang dan sewa truk lintas kota dan pulau, bahkan hingga ke luar negeri.

Jasa ekspedisi kini sedang banyak digunakan oleh para pengusaha di Indonesia, baik dari golongan menengah ke atas maupun golongan menengah ke bawah. Hal ini berkaitan erat dengan banyaknya jumlah pebisnis yang mulai menjual barangnya melalui ecommerce / secara online, seperti yang sudah tercatat oleh kominfo bahwa transaksi online pada tahun 2016 lebih dari 8 juta orang.

Dari transaksi tersebut, mereka menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang untuk mengantarkan barang penjualannya menuju ke lokasi customer dengan biaya murah.

Memilih jasa ekspedisi adalah salah satu langkah yang perlu diperhatikan dengan baik, karena kita akan menitipkan barang kita ke perusahaan ekspedisi. Jika ada salah dalam memilih perusahan ekspedisi pengiriman barang, maka besar kemungkinan resiko terjadinya pencurian dan kerusakan barang.

Maka untuk itu ada beberapa detail tips dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman barang baik dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya:

  1. Pahami kebutuhan internal Anda

Ketahui apa yang Anda butuhkan secara khusus bahkan sebelum Anda mulai mencari forwarder. Tentukan cara transportasi dan layanan spesifik apa yang akan Anda butuhkan dan volume apa yang akan Anda kirim sebelum menghubungi forwarder.

 

  1. Cari tahu tentang perusahaan mereka

Cari tahu apa yang bisa dan tidak dapat dilakukan oleh forwarder Anda untuk Anda. Ketahui apa yang menjadi tanggung jawab Anda dan tanggung jawab mereka. Baca berbagai blog, peraturan, persyaratan industri, perjanjian internasional dan hal lain yang diperlukan untuk pengiriman Anda.

 

  1. Perhatikan Timing dan Kecepatan

Ada 2 hal timing dan kecepatan yang dapat kita ukur, 1) kecepatan menangani permintaan customer dan 2) timing yang pas untuk menggunakan jasa ekspedisi. Artinya, jika mereka sigap, cepat dan pekerjaannya dalam mengangani permintaan customer, maka dapat dipastikan layanan mereka adalah yang terbaik.
Kemudian, atur timing kita, jangan terburu-buru menggunakan jasa ekspedisi pada waktu libur nasional dan hari besar. Biasanya dalam waktu itu, mereka memiliki jumlah customer yang terlalu banyak (overload booking) sehingga kualitas pelayanan mereka akan sedikit berkurang.

 

  1. Gunakan Jasa Ekspedisi dengan Harga Murah tapi Wajar

Semua orang pasti akan tergiur dengan penawaran harga murah, karena itulah perusahaan ekspedisi akan bersaing harga dengan kompetitor – itu hal wajar. Tapi, yang tidak wajar adalah jika kita menemukan perusahaan expedisi yang menawarkan jasanya dengan harga yang sangat murah. Tidak menutup kemungkinan pelayanan yang mereka berikan tidak professional, atau bahkan mereka adalah penipu.

  1. Pahami Pedoman serta Syarat dan Ketentuan yang Digunakan

Pastikan syarat dan ketentuan tersebut tidak melanggar kode etik atau tidak merugikan diri kita sendiri.

  1. Gunakan Jasa Asuransi Kirim Barang untuk Muatan Mahal

Muatan yang memiliki nilai jual beli mahal sebaiknya diamankan dengan cara menggunakan jasa asuransi terpercaya.

Demikian beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memilih jasa fowarder murah yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman perusahaan. Untuk jasa forwarder murah silahkan kunjungi  https://www.asalogistik.co.id/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *